loader

5 Delicious Foods for Delicious Skin

[[{"type":"media","view_mode":"media_original","fid":"192","attributes":{"alt":"","class":"media-image","height":"326","style":"display: block; margin-left: auto; margin-right: auto;","width":"670"}}]]

Masih ingat kan cerita sebelumnya tentang ”makanan” yang baik bagi kulit kamu? Nah, setelah kamu tahu tentang “makanan” kulit yang diserap dari permukaan kulit, sekarang mari kita bahas tentang makanan yang bekerja dari dalam tubuh kamu yang dapat membuat kulit kamu jadi semakin sehat terawat. ;)

First thing first, jangan dilupakan ya kalau kulit adalah organ terbesar dalam tubuh kita. Selain itu kulit juga merupakan jaringan hidup. Artinya, kulit dapat berkembang, beregenerasi, serta menyerap zat-zat yang ada di permukaan kulit maupun yang ada dalam tubuh kita. Oleh karena itu, bila kamu menginginkan kulit sehat dan indah, berhati-hatilah dalam memilih menu makanan kamu.

Nah, kali ini kami ingin berbagi info tentang lima makanan yang memiliki manfaat sangat baik bagi kulitmu.

 

Produk dairy rendah kalori

Produk dairy, termasuk juga keju dan susu, merupakan salah satu makanan kaya akan vitamin A, yang melindungi mampu kulitmu dari efek buruk radikal bebas. Selain itu vitamin A juga membantu proses regenerasi kulit sehingga kulit selalu tampak muda. Namun, apabila kamu khawatir dengan kandungan lemak yang ada dalam produk-produk tersebut, maka sebaiknya kamu mencari produk dairy dengan kandungan kalori rendah (low fat)

 

Pisang

Kalau kamu belum tahu, pisang adalah buah yang sangat kaya nutrisi. Tak hanya mengandung karbohidrat, pisang juga mengandung protein dan serat. Tapi kandungan pisang yang paling penting untuk kulitmu adalah magnesium. Kadar magnesium yang seimbang dalam tubuh akan membantu mengatasi efek negatif dari sistem sirkulasi tubuh yang kurang baik. Apa akibat dari sistem sirkulasi yang buruk? Kulitmu jadi terlihat pucat dan kusam. Ups! Nggak mau dong kulit terlihat tidak segar! Nah, magnesium ini dapat membuat kulitmu jadi terlihat sehat merona kembali. Selain itu, mineral-mineral lain yang terkandung dalam buah pisang dapat menjaga kulitmu tetap kencang dan awet muda.

 

Pepaya

Buah yang satu ini adalah gudangnya vitamin. Beberapa vitamin yang paling mendominasi adalah vitamin A, E, dan K yang sangat penting bagi hemoglobin yang bertugas mensirkulasikan oksigen ke sel-sel tubuh. Bila tubuh kita kekurangan oksigen, maka sel-sel tubuh akan layu dan akibatnya kulit akan tampak tidak sehat. Selain vitamin, pepaya juga mengandung folat yang vital peranannya dalam proses pertumbuhan sel kulit. Oleh karena itu, mengkonsumsi pepaya dapat menjaga kulit kita tetap sehat, kencang, dan awet muda!

 

Buah-buahan berwarna merah dan ungu

Stroberi, apel, anggur, blueberry, cherry, semua buah-buahan yang memiliki warna merah atau ungu umumnya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Apa gunanya antioksidan bagi kulit? Banyak! Beberapa manfaat terpenting adalah mengencangkan kulit, mencegah munculnya kerutan, mengatasi masalah jerawat, dan membantu memperbaiki sel kulit yang rusak.

 

Brokoli

Sayuran yang satu ini memiliki banyak kandungan yang sangat baik seperti vitamin A, C, dan K serta asam folat dan omega 3. Manfaat brokoli antara lain merangsang pertumbuhan sel kulit baru, melindungi kulit dari proses penuaan, serta menyegarkan jaringan kulit. Selain itu, brokoli juga merupakan jenis sayuran yang memiliki kemampuan untuk membersihkan sistem pencernaan dan merangsang kinerja organ hati dalam proses detoksifikasi. Fungsi hati yang berjalan dengan baik akan memberikan efek yang sangat positif bagi sistem tubuh kita.

 

Tentu saja, sistem tubuh yang baik ujung-ujungnya akan menghasilkan kulit yang sehat dan segar! Nah, sudah siap mengatur menu makan kamu minggu ini? ;) Remember this old yet undeniably true phrase: you are what you eat!

Have a nice weekend! :)