loader

Sleep, Die, and Reborn!

[[{"type":"media","view_mode":"media_original","fid":"197","attributes":{"alt":"","class":"media-image","height":"326","style":"display: block; margin-left: auto; margin-right: auto;","width":"670"}}]]

 

“Each night, when I go to sleep, I die. And the next morning, when I wake up, I am reborn.”  - Mahatma Gandhi

 

The most hectic week of the year has finally passed! Setelah seminggu kemarin merayakan Lebaran dan mudik kini saatnya menjalani aktivitas normal. Masih capek atau pegal-pegal? Jangan-jangan kamu kekurangan tidur selama seminggu kemarin. Hati-hati, kekurangan tidur dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan kulitmu lho!

Pada saat kamu berusia 20-an, meskipun semalam kamu kurang tidur, kamu masih bisa tampil segar keesokan harinya. Namun semakin usiamu bertambah, efek dari kurang tidur terlihat semakin nyata terutama pada wajah, seperti kulit kusam, lingkaran gelap di sekitar mata, dan kerutan. Bahkan, pada kasus yang lebih ekstrem bisa mengakibatkan ruam dan eksim!

Dr. Harold Lancer, seorang dermatologis dari Beverly Hills, mengatakan kurangnya tidur dapat mengurangi sistem imun tubuh kita, yang dapat berakibat pada masalah kulit seperti ruam. Ahli kulit lain asal Amerika, Dr. Howard Murad, juga mengungkapkan bahwa “the most important thing you can do for your skin may be getting a great night’s sleep”. Selain itu, menurut para ahli, tidur merupakan bagian tak terpisahkan dari perawatan kulit apapun. Ketika kulit memperoleh tidur yang cukup, maka produk dan perawatan yang kamu gunakan akan bekerja lebih efektif dan memberikan hasil yang lebih baik.

Nah, bagaimana caranya untuk bisa mendapat the so-called great night’s sleep itu? Setidaknya ada lima hal yang harus kamu perhatikan.

 

Jam Tidur

Idealnya, untuk orang-orang di atas 18 tahun, setidaknya jam tidur yang dibutuhkan sehari semalam adalah sebanyak 7,5 jam. Be good to yourself dengan mengusahakan untuk memenuhi kebutuhan tidurmu sendiri.

 

Jadwal Tidur

Kedua, konsisten dengan jadwal tidur kamu, termasuk jam untuk tidur dan jam untuk bangun. Bila kamu tidur lebih larut dari jadwal tidur, bukan berarti kamu berhak untuk bangun lebih siang juga. Tetap konsisten bangun di jam yang telah kamu tetapkan (yes, including weekend!), tak peduli jam berapa kamu mulai tidur di malam sebelumnya.

 

Aturan Tidur Siang

Ketiga, hati-hati dengan dengan napping atau tidur siang. Take a nap only to make up for lost sleep. Masalahnya dengan tidur siang adalah, apabila terlalu lama maka akan menyebabkan kamu sulit tidur di malam harinya.

 

Waktu Makan

Keempat, usai makan malam dan kenyang biasanya kita mulai merasa agak di awang-awang alias mengantuk. Jangan tertidur dulu! Instead, lakukan kegiatan-kegiatan lain seperti cuci piring, telpon teman, atau hal-hal lain. Kalau kamu tertidur setelah makan malam karena kekenyangan, biasanya kamu akan terbangun lagi di tengah malam dan sulit kembali tertidur.

 

Manage Your Thoughts!

Terakhir, segala hal yang membebani pikiran kamu tadi harus disingkirkan jauh-jauh. Coba pikirkan lagi, mungkin beberapa beban pikiran itu bukan hal-hal yang ada dalam area kontrol kamu, dengan kata lain apapun yang kamu lakukan tidak akan mempengaruhi hasil akhirnya. Nah, buang jauh-jauh pikiran semacam itu.

 

Bagaimanapun sibuknya kamu dan padatnya aktivitasmu, selalu ingat bahwa tubuhmu adalah organ hidup yang butuh istirahat. Tanpa istirahat yang cukup, tubuh kita tidak dapat menjalankan tugasnya dengan sempurna, otakmu pun tidak dapat berpikir secepat biasanya. Bear in mind that you need sleep to function properly and you need to function properly to make the best of your day! Like Gandhi said, die and reborn!

Have a wonderful holiday!