loader

Oily Skin! What to Do?

[[{"type":"media","view_mode":"media_original","fid":"132","attributes":{"alt":"","class":"media-image","height":"285","style":"display: block; margin-left: auto; margin-right: auto;","width":"585"}}]]

Kalau kamu sering jengkel setiap kali berkaca dan melihat bagaimana “mengkilap”nya kulitmu lantaran produksi minyak kulitmu yang sepertinya bisa disumbangkan untuk menambah cadangan minyak negara, kamu tidak sendirian kok. Di negara beriklim tropis seperti Indonesia ini, kulit berminyak merupakan salah satu masalah kulit yang paling banyak diderita orang.

Datang darimana sih minyak-minyak ini?

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit berminyak atau yang secara medis disebut sebagai seborrhea. Di kalangan remaja, kulit berminyak umumnya dikarenakan hormon yang sedang berubah. Faktor lain yang dapat mengundang minyak berlebih adalah kosmetik yang kamu gunakan. Pil kontrasepsi yang umumnya merangsang hormon juga bisa turut andil dalam meningkatkan produksi minyak kulit. Bahkan, kadang kulit berminyak bisa jadi merupakan turunan dari orang tuamu.

Masalahnya, tak hanya menyebabkan muka terlihat mengkilap, minyak pada kulit juga seringkali menyumbat pori-pori hingga akhirnya muncul jerawat.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kadar minyak kulitmu minimal:

Membersihkan Wajah

Rajin membersihkan wajah memang dapat menghilangkan minyak dan kotoran yang menyumbat di pori-pori kulitmu sehingga membantu mencegah timbulnya jerawat dan komedo. Namun, perlu diperhatikan bahwa membasuh wajah dengan air panas atau dengan sabun yang mengandung kadar SLS tinggi dapat membuat masalah kulit berminyak semakin parah.

Hindari Produk Berbahan Minyak

Adding more oil on oily skin is the last thing you wanna do! Pelembab, pembersih muka, dan sejumlah kosmetik seringkali berbahan dasar minyak yang sebenarnya lebih cocok untuk kulit kering. Always read the label! Cek dulu apa saja bahan dasar produk-produk perawatan kulit yang kamu pakai, bahkan jangan ragu bertanya pada ahli (dokter, beautician, pharmacist, dll) bila kamu tidak yakin seberapa banyak minyak yang terkandung dalam produk tertentu.

Selalu Tidur dalam Keadaan Free of Make-Up

Even if you just had a very exhausting day, jangan pernah lupa untuk membersihkan wajahmu dari make-up sebelum kamu tidur. Make-up yang tidak dibersihkan bisa menyumbah pori-pori kulitmu sehingga merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Santai....

Stres dan kulit berminyak itu seperti BFF. Dimana ada stres disitu minyak merajalela. Hormon akan semakin rajin memproduksi minyak ketika badan atau pikiran kita stres. Jenis stres pun bisa bermacam-macam, bisa stres fisik (alergi, flu, atau menstruasi) ataupun stres mental.

Banyak Minum Air

Mengonsumsi 6 hingga 8 gelas air putih tiap hari dapat membuat kulitmu tetap sehat, membersihkan pori-pori, dan mencegah kulitmu tampak berminyak. Hindari minuman mengandung kafein seperti soda, minuman berenergi, atau kopi.

Hindari Makanan Tertentu

Ada beberapa makanan yang perlu kamu hindari untuk mencegah kulitmu tampak berminyak. Makanan yang digoreng serta makanan olahan biasanya mengandung kadar lemak serta gula yang tinggi yang dapat merangsang produksi minyak.

Masalah kulit umumnya tak hanya karena faktor lingkungan, tapi juga pengaruh dari apa yang kamu konsumsi bahkan kondisi mentalmu. Makanya, jaga selalu kondisi fisik dan mentalmu dengan pola hidup yang sehat. :)