loader

10 Easy Ways to Burn Calories

[[{"type":"media","view_mode":"media_original","fid":"110","attributes":{"alt":"","class":"media-image","height":"285","style":"display: block; margin-left: auto; margin-right: auto;","width":"585"}}]]

As women, it’s in our nature to want to look attractive. However, what’s the most important is being healthy. That’s why people invented something called exercise, which main its goal is to burn calories.

Jangan salah, kalori tidak buruk kok buat tubuhmu. Namun mengonsumsi kalori yang tidak diimbangi dengan aktivitas pembakaran, dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung. Nggak mau dong penyakit-penyakit itu bersarang di tubuh kita? ;)

Here’s a fact: burning calories is not that difficult. Berikut 10 hal sedernaha yang dapat kamu lakukan sehari-hari untuk membakar kalori.

#1 Keep moving

Gerakan sekecil apapun berarti. Jalan mondar-mandir saat kamu sedang menelepon, misalnya. Atau bila kamu sedang mendengarkan musik kesukaanmu, gerakkan ujung kaki dan tanganmu mengikuri irama (when you are in the privacy of your own, of course). Saat kamu sedang berjalan pun lakukan dengan tempo yang cepat, seperti yang dikatakan personal trainner Jennifer Lopes, Gunnar Peterson, yang menyarankan, “walk like you’re late for a meeting!”.

#2 Hindari makan sambil nonton TV

As tempting as it is, makan sambil nonton TV bisa membuat kamu makan lebih banyak dari porsi biasa. Penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts menunjukkan bahwa orang-orang yang makan sambil menonton TV cenderung mengonsumsi 288 kalori lebih banyak dibandingkan mereka yang makan di meja.

#3 Not so much salad topping!

Salad memang makanan yang sehat, namun seringkali kita lupa bahwa topping yang berlebihan justru bisa membuat makanan sehat itu lebih berkalori daripada lasagna, fettucine alfredo, dan kawan-kawannya. Tambahkan satu macam topping saja yang rendah kalori (grilled onions atau mushroom).

#4 Pilih kemasan kecil

Untuk snack-mu, selalu ambil kemasan yang kecil. I know it and you know it, that it is always too tempting to eat until the bag is empty. Kalau kamu terlanjur beli snack kemasan besar, jangan dimakan langsung dari kemasannya, instead keluarkan sebagian dan taruh dalam mangkok. Dengan begitu godaan untuk menghabiskan satu kantong kemasan akan berkurang.

#5 Jebakan healthy-food

We love rewards and we love rewarding ourselves. So when we are proud to ourselves for choosing a restaurant that serves only healthy food, we tend to reward ourselves with extra drinks, sides, and desert. Big no no, dear! Eat healthy food and skip the “rewards”!

#6 Sleep well

Menurut penelitian yang dilakukan University of Chicago, orang-orang yang tidur kurang dari 5 ½ jam memiliki dorongan untuk snacking lebih besar dibandingkan orang-orang yang cukup tidur. Sleep well and save about 1087 calories!

#7 Limit the soda

Setiap kaleng soda yang kamu konsumsi mengandung sekitar 150 hingga 180 kalori. Kalau kamu termasuk soda-addict yang setiap hari bisa mengonsumsi 2-3 kaleng, segera alihkan pilihan penghilang dahaga ke minuman yang lebih sehat seperti air mineral.

#8 Chill out

Tubuh kita membakar kalori saat kedinginan. Jadi, ketika udara sedang sejuk atau dingin, instead of berselimut di dalam kamar lebih baik kamu berjalan-jalan di luar. Tapi jangan berlebihan mendinginkan diri hingga jatuh sakit ya. :)

#9 Laugh!

Dengan tertawa sekitar 10 hingga 15 menit setiap hari, setidaknya kamu telah membakan 50 kalori, menurut ahli kesehatan Adelino Da Costa. Kelilingi dirimu dengan orang-orang tersayang yang selalu bisa membuatmu tertawa!

#10 Eat to lose weight!

Daripada sama sekali menghindari makan, lebih efektif bila kamu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air atau serat, seperti buah dan sayur-sayuran. Tubuh kita mengeluarkan sekitar 200 kalori untuk mencerna makanan. Bila kita mengonsumsi makanan yang kaya serat atau daging rendah lemak, kalori yang dibakar bahkan bisa lebih dari itu.