loader

How Your Soap Treats You..

[[{"type":"media","view_mode":"media_large","fid":"257","attributes":{"alt":"","class":"media-image","height":"225","style":"display: block; margin-left: auto; margin-right: auto;","width":"300"}}]]

For many women, bathing is a part of me-time aside from, you know, shopping or eating delicious giant chocolate cake ;). Ritual membersihkan diri dan bersantai dalam aroma sabun yang menenangkan bisa menjadi cara ampuh untuk gain your spirit back dan membuat kamu ready for the next game. Plus, mandi bisa membuat kita merasa segar, wangi, cantik, dan percaya diri. And we know how confidence affects your beauty.

However, hati-hati dalam memilih sabun yang kamu pakai untuk mandi. Kenapa? Karena pilihan jenis sabun yang salah bisa membuat kulit kamu justru menjadi bermasalah. And this is why..

Pada dasarnya, tujuan utama sabun adalah untuk membersihkan kulit namun juga sekaligus melembutkan dan menjaga kulit tetap sehat. Akan tetapi, karena tipe kulit orang berbeda-beda, maka kebutuhan tipe sabunnya pun tidak sama. Tipe kulit kita bervariasi mulai dari normal, kering, berminyak, sensitif, hingga kombinasi.

Tipe kulit normal memiliki kadar keasaman yang cukup sebagai hasil kombinasi antara keringat dan sebum alami (substansi minyak alami) yang keluar dari pori-pori kulit. Normalnya, level pH (tingkat keasaman) kulit adalah sekitar 5,5, meskipun variasi antara pH 4 hingga 6,5 masih dapat dikatakan normal. Ciri-ciri lain adalah kulit bertipe normal tidak kering atau berminyak. Pori-pori kulit bisa jadi terlihat, namun hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Once in a while, kulit normal juga bisa berjerawat.

Tipe kulit kering memilki tekstur yang tipis mirip seperti kertas. Kulit yang kering bisa jadi disebabkan karena mandi yang terlalu sering dengan menggunakan sabun yang terlalu "keras", terutama yang mengandung banyak Sodium Laureth Sulfate (SLS), yaitu deterjan atau surfaktan yang biasa ditemui di produk perawatan tubuh, termasuk sabun. SLS banyak digunakan karena efektif dalam pembuatan busa. Namun, sejumlah eksperimen membuktikan bahwa SLS dapat menyebabkan iritasi pada mata dan kulit.

Sedangkan pada tipe kulit berminyak, teksturnya cenderung tebal dan kasar serta tampak berminyak dan mengkilap. Kulit berminyak cenderung lebih mudah berjerawat akibat produksi sebum yang berlebihan.

Sementara tipe kulit sensitif paling rentan terkena iritasi dan biasanya terasa gatal, panas, atau perih.

Untuk mengatasi berbagai masalah kulit tersebut, maka kita menggunakan sabun. Namun, walaupun kandungan utamanya tetap lemak dan alkali, kebanyakan sabun memiliki formula dasar yang telah dimodifikasi agar dapat digunakan untuk memproduksi berbagai jenis produk. Plus, masih ada permasalahan kandungan SLS yang mana, seperti telah disebutkan tadi, dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Olufunmilayo Ajose, seorang konsultan fisis dan ahli dermatologi ternama, menunjukkan bahwa hampir setengah pasien yang datang ke kliniknya dengan masalah kulit menjadi lebih baik setelah berhenti menggunakan sabun yang biasa mereka pakai dan beralih ke produk substitusi sabun. Lebih lanjut, penelitian juga mengungkapkan bahwa mandi dengan menggunakan sabun yang netral atau hanya mengandung sedikit asam dapat memperbaiki kondisi kulit secara signifikan.

Dr. Ajose juga mengatakan bahwa infeksi kulit dapat disebabkan oleh penggunaan sabun. Oleh karena sifat kulit yang asam sedangkan sabun umumnya bersifat basa, maka zat korosif yang dibawa oleh sabun kepada kulit dapat menyebabkan hilangnya minyak yang dibutuhkan oleh kulit kita. Oleh karena minyak pada dasarnya adalah natural lubricant maka ketika minyak tidak ada akan berakibat pada membesarnya pori-pori kulit yang mana pada akhirnya akan meningkatkan kemungkinan masuknya kuman atau zat-zat asing ke dalam kulit.

Now, isn't that a quite intimidating fact? Yuk, mulai lebih peduli pada diri kita dengan menyeleksi lebih ketat produk-produk dan zat-zat yang kita pakai sehari-hari. Pastikan produk yang kamu gunakan aman dan dibuat dari kandungan yang alami. You only have one life to live and one body to treasure, make sure you give yourself ONLY the best ones!

Have a wonderful day!