loader

Happy Feet!

Naah, Happy Feet  di sini bukan film kartun penguin itu tentunya. Tapi di sini kamu akan mendapatkan tips-tips bermanfaat untuk kesehatan kakimu. Disimak ya!

[[{"type":"media","view_mode":"media_large","fid":"252","attributes":{"alt":"","class":"media-image","height":"480","style":"display: block; margin-left: auto; margin-right: auto;","width":"359"}}]]

Kaki  tidak hanya untuk menopang tubuhmu sepanjang hari, namun juga membawamu kemanapun kamu ingin menuju. Kaki yang sehat dibutuhkan setiap orang. Kesehatan dapat terlihat dari kaki-kaki yang cantik, yang mulus dan bebas dari bau dan penyakit. Berikut 6 tips untuk menjaga kakimu tetap sehat dan fabulous:

1. Smooth it out

Biasakan untuk menghaluskan bagian tumit dan callus (bagian telapak kaki yang mengeras karena penekanan terus-menerus) dengan menggunakan batu apung atau foot file. Dengan rutin melakukan ini, memakai sepatu yang terbuka akan semakin percaya diri!

Caranya mudah kok! Pertama-tama cukup rendam kakimu dengan air hangat selama 10-15 menit. Untuk memberikan wangi dan vitamin ekstra yang dibutuhkan kulitmu, kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes Lavender Beauty Oil dalam air rendaman. Lalu, secara lembut, gosok bagian kulit yang mengeras, kamu bisa menggunakan sikat yang berbulu halus atau dengan batu apung.

Selanjutnya, gunakan moisturizing scrub pada kulit kaki dari pergelangan hingga telapak. Butiran halus dari Green Tea Natural Body Scrub bisa membantu pengelupasan sel kulit mati dan menghilangkan bau yang kurang nyaman pada kaki. Bersihkan scrub lalu gunakan lotion untuk menjaga kelembaban kulit kakimu.

Jika kamu melakukan perawatan ini di malam hari sebelum tidur, kamu bisa membalut kakimu dengan kaos kaki, ini membantu melembutkan kakimu, terutama pada bagian yang sangat kering seperti tumit.

2. Moisture! Moisture! Moisture!

Banyak produk pelembab yang bisa dipilih ketika tumitmu terasa kering dan pecah-pecah. Gunakan moisturizer alami yang mampu menjaga kelembaban kulitmu. Dan seperti yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya kamu gunakan lotion sebelum tidur lalu lapis kakimu dengan kaos kaki.

3. Fight the Fungus

Pada dasarnya, timbulnya jamur dapat dicegah dengan menjaga kehigienisan kaki. Cuci kakimu dengan teratur dan keringkan dengan sempurna terutama di bagian sela-sela jari. Gantilah kaos kaki setiap hari dan sebaiknya jangan gunakan alas kaki yang tertutup dan masih lembab karena bisa memicu pertumbuhan jamur.

Jika kaki sudah terlanjur terserang jamur, kamu bisa gunakan obat anti jamur yang dijual bebas. Namun, anti jamur ini biasanya hanya efektif mengatasi penyakit jamur ringan. 

Jika kakimu termasuk kaki yang mudah berkeringat, kamu bisa pakai obat jamur bentuk powder atau spray. Sedangkan, pada kaki yang cenderung, kamu bisa pakai bentuk lotion. Ingat selalu untuk mengeringkan kaki sebelum memakaikan obat jamur ini.

4. Gunakan sunscreen

Oleskan tabir surya minimal SPF 30 untuk melindungi kaki ketika bepergian dengan sandal terbuka. Nggak mau kan ada jiplakan garis sandal di kakimu? ;)

5. Get 'support'

Berdiri untuk waktu yang lama sangat menyiksa kakimu. Menggunakan insoles dapat membantu kakimu terasa lebih nyaman. "Insoles itu apa sih?" Itu lo, lapisan bawah bagian dalam alas kaki yang bersentuhan langsung dengan telapak kakimu. Kamu bisa mendapatkan insoles yang bisa dilepas/pasang di pasaran. Menurut para podiatrist, lebih baik menggunakan insoles yang dilapisi plastik pada bagian bawahnya karena lebih kuat untuk menopang kakimu. 

6. Jangan lupakan kuku kaki

Pecinta pedicure? Teknik pedicure yang salah dapat mengakibatkan hang nail (kuku atau kulit sekitar kuku yang tumbuh mencuat) atau pertumbuhan kuku yang tidak semestinya. Dan, kalau terus dibiarkan, bisa berakibat infeksi. Whoops!

Kuku akan semakin rapuh seiring perjalanan usia. Bahan-bahan yang terkandung dalam pewarna kuku dan polish remover dapat mempercepat proses perapuhan kulit. Jika ingin menggunakan pewarna kuku, gunakan yang tidak mengandung formaldehyde, toluene dan dibutyl phthalate. Sedangkan untuk polish remover, hindari dari yang mengandung alkohol.

Untuk melembabkan kuku kaki, pakailah cuticle cream atau vitamin E oil (Lavender Beauty Oil to the rescue!!!). Oleskan di seluruh permukaan kuku dan tekan dengan lembut.

Well, mudah kan ya tips perawatan di atas?! Selamat mencoba dan sampaikan salam untuk kaki-kaki cantik dan sehatmu ya ;)

 

Tita Indriasti

..

Tita Indriasti (Tita) adalah mahasiswi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (tahun 2008) yang saat ini sedang melanjutkan studinya sebagai koas. Di tahun 2012, Tita mendapatkan gelar Bachelor of Medical Science (honours) dari Universitas Monash, Australia. Sejak tahun yang sama, Tita aktif menulis untuk artikel di situs Wangsa Jelita.