loader

"An apple a day keeps the doctor away!"

Sudah tau kan promo di bulan November ini? Wangsa Jelita memberikan penawaran menarik untuk salah satu produk yang banyak digemari - One of our signature products, APPLE BAR NATURAL SOAP. Untuk keterangan lengkap mengenai promo, silakan klik di sini.

Bicara tentang apel, ada satu quote terkenal yang sering diungkapkan untuk menggambarkan keutamaan buah yang satu ini. 

[[{"type":"media","view_mode":"media_large","fid":"284","attributes":{"alt":"","class":"media-image","height":"480","style":"display: block; margin-left: auto; margin-right: auto;","width":"453"}}]]

 

Begitu banyak manfaat buah yang satu ini, sampai-sampai kalimat itu menyejarah dari waktu ke waktu. Tapi jangan salah ya, apel yang dimaksud di sini adalah buah apel untuk dikonsumsi, jangan sampai sabun apel Wanga Jelita dimakan, yang itu buat mandi aja, ok?! xp

Melanjutkan quote tadi, muncul pertanyaan di benak kita, benar nggak sih buah apel bisa menjauhkan kita dari masalah kesehatan?

Di sini tim kami sudah mengumpulkan beberapa informasi tentang keutamaan apel yang bisa kamu simak. Selamat membaca!

#1 Mencegah dan mengatasi kanker

Apel merupakan buah yang kaya akan antioksidan yang salah satunya bernama quercetin. Quertecin melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. Penelitian secara in vitro menunjukkan bahwa quercetin juga dapat mengontrol pertumbuhan sel kanker dan mengurangi risiko terjadinya kanker payudara, prostat, ovarium, dan kolon.

#2 Menurunkan kadar kolesterol

Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi 2 buah apel setiap hari telah dipercaya dan terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sekitar 16% lemak jahat dalam tubuh akan berkurang ketika mengonsumsi apel secara teratur. Hal ini disebabkan karena apel mengandung pektin yang terkenal sebagai antikolesterol. Pektin ini mampu mengikat asam empedu yang merupakan hasil akhir metabolisme kolesterol. Semakin banyak asam empedu terikat oleh pektin dan terbuang keluar tubuh, semakin banyak pula kolesterol yang dimetabolisme dan menurun jumlahnya.

#3 Menurunkan resiko stroke

Stroke merupakan penyakit yang disegani banyak orang. Penyakit stroke disebabkan karena terganggunya aliran darah ke otak akibat kerusakan organ tubuh lainnya. Pencegahan stroke ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi apel karena adanya kandungan asam fenolik dalam buah apel. Asam fenolik berfungsi memperlancar peredaran darah ke otak, menghilangkan radikal bebas dalam darah dan mengurangi penyumbatan dalam pembuluh darah.

#4 Menetralkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu kondisi medis yang diakibatkan tekanan dalam arteri yang meningkat secara kronik. Umumnya terjadi ketika tekanan darah 140/90 mmHg ke atas (akan tetapi angka tersebut bisa bervariasi untuk setiap orang). Penyakit ini dapat dicegah dengan konsumsi buah apel, karena apel mengandung zat gizi seperti kalium yang berfungsi mengatur tekanan darah, meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel-sel, dan mengendalikan keseimbangan cairan dalam sel dan jaringan.

#5 Sebagai menu diet

Pernah berencana untuk mengurangi berat badan dengan membuat menu diet baru? Pernah dengar anjuran dari ahli untuk memasukkan buah apel ke dalam menu dietmu? Anjuran itu tidak lain dikarenakan kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat yang tinggi tersebut dapat mencegah rasa lapar datang lebih cepat. Tepat kan untuk mendukung program penurunan berat badan kita!

 

Masih banyak manfaat buah apel lainnya yang masih dalam proses uji dan menjadi perdebatan para ahli. Tapi yang pasti, buah ini memang kaya akan manfaat dan sangat baik untuk dikonsumsi. 

 

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

 

Devina

..

Devina Maria (Devina) adalah seorang mahasiswi tingkat 2 jurusan Sains dan Teknologi Farmasi di Institut Teknologi Bandung (ITB). Masuk ke ITB sebagai salah satu siswa berprestasi yang menerima undangan dari sekolah asalnya, Devina aktif menulis dan berkeinginan untuk terus membagi ilmu yang ia miliki melalui tulisannya.