loader

Basmi Wajah Kusam dengan Apel

Punya masalah wajah kusam, berminyak, berjerawat dan berpori-pori besar? Atau memiliki masalah dengan bintik hitam di wajah juga kerutan? Masalah-masalah tersebut dapat membuat wajah menjadi tampak tidak menarik dan mengganggu penampilan sehari-hari kita.

 

[[{"type":"media","view_mode":"media_large","fid":"298","attributes":{"alt":"","class":"media-image","height":"291","style":"display: block; margin-left: auto; margin-right: auto;","width":"480"}}]]

 

Tapi tenang saja, tidak perlu buru-buru membeli produk kecantikan yang belum tentu aman dan cocok untuk wajah kita untuk menutupi semua itu. Karena kita bisa menggunakan cara yang alami dengan memanfaatkan buah apel (yak, buah yang terus kita bahas bulan ini) untuk merawat kulit wajah kita dan membuatnya menjadi lebih cantik dan bercahaya. 

Kandungan buah apel yang terdiri dari vitamin, seperti vitamin A, B dan C, serta antioksidan dapat mencegah penuaan pada kulit yang ditandai dengan munculnya bintik hitam dan kerutan. Kandungan senyawa asam glikolatnya yang juga tinggi juga membantu mengelupas sel kulit mati dan membersihkan pori-pori.

Di sini tim Wangsa Jelita akan berbagi tips sederhana yang bisa kamu manfaatkan untuk memanfaatkan buah apel yang ada di rumahmu untuk merawat kulit wajahmu.

Simak cara pembuatannya ya!

#1 Masker Apel untuk Kulit Berminyak

Apabila tidak dirawat dengan baik dan benar, kulit berminyak akan memicu munculnya jerawat. Hal ini dikarenakan minyak berlebih pada wajah dapat menyumbat pori-pori kulit wajah, menyebabkannya mudah terinfeksi bakteri. Akibat infeksi bakteri inilah kemudian muncul radang pada kulit berupa tonjolan kecil berwarna merah dan nyeri bila disentuh. Perawatan alami dan sederhana berikut akan membantu kamu untuk mengatasi masalah kulit berminyakmu. Gunakan satu minggu sekali dan rasakan manfaatnya!

Bahan:

  • 1 buah apel yang dihaluskan
  • 5 sendok makan madu
  • 3 tetes air jeruk lemon

Cara pemakaian:

  • Campurkan bahan, aduk hingga merata
  • Bersihkan wajah dan bilas dengan air hangat, lalu keringkan menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk
  • Oleskan masker pada wajah dan leher, diamkan selama 10-15 menit
  • Bilas dengan air dingin.

 

#2 Masker Apel untuk Mencerahkan Kulit

Bintik hitam yang muncul pada wajah merupakan salah satu gejala penuaan kulit. Masker apel dapat membantu mengurangi noda hitam sekaligus mencerahkan kulit wajah.

Bahan:

  • 1 buah apel yang dihaluskan
  • Putih telur secukupnya (dari satu buah telur)
  • Susu segar secukupnya

Cara pemakaian:

  • Campurkan bahan hingga merata
  • Bersihkan wajah dan keringkan
  • Oleskan masker pada wajah
  • Diamkan selama 15-20 menit
  • Angkat menggunakan handuk yang dibasahi air hangat
  • Ulangi pemakaian setiap 20 hari sekali.

 

#3 Masker Anti Mata Panda

Lingkaran hitam di sekitar mata akan membuatmu selalu tampak lelah dan tidak bersemangat. Jangan pelit untuk menyisihkan 2 potong apel yang kamu makan untuk disimpan di kulkas. Keesokan harinya, tempelkan potongan apel yang sudah dingin ke bagian bawah mata tempat lingkaran hitam bertengger. 

 

#4 Membersihkan Wajah dengan Apel

Ambil satu buah apel segar, lumatkan hingga benar-benar lembut. Tambahkan sedikir perasan lemon dan sejumput garam. Campurkan, lalu oleskan pada wajah. Pijat lembut dengan gerakan memutar lalu bilas dengan air bersih.

Tips : Gunakan apel beserta kulitnya, karena lebih dari setengah kandungan vitamin C yang baik untuk kulit wajah terdapat pada kulitnya. Jangan lupa cuci apel terlebih dahulu di bawah air mengalir ya.

 

Mudah dan simple banget ya? Hanya dengan satu buah apel kamu bisa memilih masker alami yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Bye, kulit kusam!

 

Lina

..

Noerlina Purwanti (Lina) adalah seorang mahasiswi jurusan Farmasi Klinik dan Komunitas Institut Teknologi Bandung angkatan 2010. Cinta Indonesia dan keindahan alamnya sehingga tertarik pada keilmuan bahan alam. Saat ini sedang aktif sebagai senior editor majalah Rhamnosa Himpunan Mahasiswa Farmasi ITB dan akan terus menulis untuk menyebarkan manfaat bahan alam untuk kesehatan.