loader

Lapar Saat Bergadang?

Pasti sudah pernah dengar dong bahwa begadang membuat tubuh kita menjadi semakin gemuk. Pertanyaannya, kenapa sih? Sebagian besar masalahnya adalah karena kita cenderung untuk ngemil saat begadang agar tidak ngantuk atau bosan (yakan? ;p)

Lalu, kenapa ngemil malam hari bikin gendut? Jawabannya, karena saat malam hari, metabolisme tubuh kita cenderung melambat, dan aktifitas kita berkurang.

Lalu bagaimana dong kalau kita "terpaksa" bergadang dan sering merasa lapar?

Berikut beberapa tips untuk mengatasi masalah ini berdasarkan Fox News:

1. Pilih Makanan yang Tinggi Serat
Sayuran yang tinggi serat membuat kita akan lebih cepat kenyang dibandingkan dengan nasi atau roti. Sehingga dengan cara ini, konsumsi kita akan terbatas.

2. Cemilan Sebelum Makan Malam
Cemilan yang tinggi serat dan protein akan membantu kita mengekang rasa lapar saat malam hari. Contohnya yogurt dan sereal.

3. Makan di Meja Makan
Makan di meja makan akan membantu kita menentukan porsi yang tepat untuk diri kita sendiri loh! Berbeda dengan makan di depan TV yang akan membuat kita tidak merasa seberapa banyak porsi yang telah kita habiskan. Selain itu, karena fokus kita terbagi, otak akan lama mengirim respon kenyang.

4. Minum
Sebelum mengambil cemilan, ada baiknya kita minum segelas air putih atau teh herbal terlebih dahulu. Kemudian rasakan apakah kita masih lapar atau tidak. Terkadang rasa lapar muncul bukan karena kita benar-benar lapar, tetapi tubuh kita mengirim signal bahwa kita sedang dehidrasi.

Semoga bermanfaat ya! :)