loader

10 Makanan yang Mengurangi Resiko Kanker

Kanker merupakan momok bagi orang-orang dewasa ini. Pola hidup yang sehat, lingkungan yang kurang mendukung, dan aktivitas kita pun bisa menjadi pemicunya.

 

Namun ternyata kanker bisa diminimalisir dengan pola hidup dan makan sehat lho.

Seperti yang dimuat dalam Times of India, berikut di antaranya makanan yang dapat meminimalisir kanker :

 

1. Kubis

 

Kubis mengandung senyawa Indole-3-carbinol. Senyawa inilah yang dapat mengubah efek berbahaya dari estrogen menjadi senyawa yang bermanfaat.

 

2. Kembang kol

 

Kembang kol membantu tubuh untuk detoksifikasi, sayuran ini juga memiliki kandungan antioksidan yang berguna menangkal radikal bebas.

 

3. Jamur

 

Jamur merupakan sumber makanan yang baik untuk vitamin B dan zat besi. Jamur juga baik untuk melawan diabetes, mencegah tumor, melawan alergi, menghentikan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dalam jamur juga bisa membantu mengatasi efek samping kemoterapi dan radiasi.

 

4. Brokoli

 

Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang bisa membantu mencegah perkembangan tumor. Bagian terbaik dari brokoli untuk melawan kanker adalah tunasnya. 

 

5. Wortel

 

Konsumsi wortel bisa melawan kanker seperti kanker paru-paru, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker perut, kanker usus, kanker kandung kemih, kanker prostat dan kanker payudara.

 

6. Ubi jalar

 

Antioksidan dalam ubi jalar membantu melawan kanker seperti kanker paru-paru, kanker empedu botak, kanker ginjal, kanker hati dan kanker payudara.

 

7. Anggur

 

Kanker usus besar, kanker prostat dan kanker payudara dapat dilawan dengan biji anggur ternyata. Karena biji anggur mengandung proanthocyanidins.

 

8. Tomat

 

Tomat merupakan sumber yang baik dari vitamin A, C, dan E. Selain itu, kandungan antioksidan  likopen dalam tomat merupakan senjata ampuh dalam memerangi kanker. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dan sel-sel kanker. Vitamin C juga mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

 

9. Pepaya

 

Senyawa beta karoten dan likopen yang dikandung pepaya efektif dalam memerangi radikal bebas. 

 

10. Bawang putih

 

Bawang putih dapat mengurangi risiko kanker perut, kanker usus besar, kanker kerongkongan, kanker pankreas dan kanker payudara.