loader

Jenis Sepatu yang Rawan Bagi Tubuh

Sepatu sebagaimana kita tahu berfungsi sebagai pelindung kaki. Namun bagi para wanita, sepatu tidak hanya sebagai pelindung kaki tetapi menjadi bagian penting sebagai kesatuan dalam berbusana. Bahkan Coco Chanel, seorang desainer pernah berkata, "Seorang wanita dengan sepatu yang bagus tidak akan terlihat jelek."

Namun sayangnya penggunaan sepatu yang salah akan berdampak pada tubuh. Dikutip dari Viva.co.id, salah satu penyakit yang akan timbul karena penggunaan sepatu yang salah adalah nyeri punggung. Dijelaskan lebih lanjut mengenai hubungan antara nyeri punggung dan sepatu karena kaki adalah pondasi dari tubuh, sehingga bila terjadi kesalahan maka akan berdampak ke seluruh tubuh.

Wanita dewasa ini memiliki peluang besar terkena nyeri punggung karena jenis sepatu yang membahayakan tubuh ialah sepatu hak tinggi yang sering digunakan para wanita. menurut  David S. Wolf, profesor Universitas of Texas Health Science Center, penggunaan sepatu hak tinggi dapat merobek ligamen yang ada di kaki dan menambah tekanan pada punggung.

Sebenarnya banyak sepatu yang dirancang untuk meredam gejala yang memicu gangguan kaki, paha, lutut, dan punggung. Salah satunya adalah sepatu yang dirancang khusus untuk menyembuhkan nyeri punggung. Namun sepatu umum yang dapat digunakan untuk menghilangkan nyeri punggung adalah sepatu lari. Sepatu ini dapat memperbaiki jaringan motorik kaki dan meningkatkan perkembangan syaraf kaki.

Jadi, pilihan di tangan kita, ladies. Apakah kita lebih mementingkan kecantikan atau kesehatan?