loader

4 Reasons Why Your Skin Loves Green Tea

[[{"type":"media","view_mode":"media_original","fid":"190","attributes":{"alt":"","class":"media-image","height":"315","style":"display: block; margin-left: auto; margin-right: auto;","width":"670"}}]]

 

Sebagai orang Indonesia, kita sangat familiar dengan teh. Bahkan bagi sebagian orang, teh telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Faktanya, teh memang merupakan minuman terpopuler kedua di dunia setelah air.

Berbagai riset mengenai teh serta manfaatnya pun telah berulang kali dilakukan. Sejumlah penelitian juga mengungkapkan bahwa beberapa jenis daun teh, seperti green tea, tak hanya baik sebagai minuman tapi juga dapat memberi efek positif pada kulit. Apa saja tuh? Let’s check the four reasons why your skin loves green tea!

 

Reason #1: ANTI AGING

Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, green tea dipercaya memiliki efek meningkatkan tingkat elastisitas jaringan kulit. Untuk membuktikan manfaat ini, sejumlah penelitian telah dilakukan, salah satunya penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 oleh Departemen Dermatologi Universitas Emory. Dalam penelitian tersebut, didapati para wanita yang sehari-hari menggunakan ekstrak green tea memiliki elastisitas jaringan kulit yang lebih tinggi dibandingkan dengan para wanita yang tidak menggunakan.

Penelitian lain mengenai efek anti-aging pada green tea juga dilakukan di German pada tahun 2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green tea memiliki manfaat dalam mengurangi kerutan serta membuat kulit lebih awet muda.

 

Reason #2: ANTI ACNE Salah satu manfaat utama green tea yang banyak dicari adalah efeknya dalam mencegah serta mengobati jerawat. “Kesaktian” green tea tersebut disebabkan kandungan yang bernama catechins, yang merupakan anti-bacterial agents yang dapat mencegah timbulnya jerawat. Oya, green tea juga memiliki efek anti-inflammatory lho! Artinya, ia dapat mengurangi berbagai efek merah dan bengkak pada kulitmu, termasuk yang datang bersama jerawat. Berdasarkan hal-hal tersebut, green tea dipercaya dapat menghaluskan dan mencerahkan kulitmu.

 

Reason #3: FIGHT SKIN CANCER

Manfaat ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Universitas Alabama di Amerika yang dipublikasikan pada tahun 2010. Penelitian tersebut mengatakan bahwa tikus yang diberikan perawatan dengan menggunakan ekstrak green tea menunjukkan tingkat pemulihan yang lebih tinggi pada sel kulit yang telah rusak. Penelitian lain dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Maryland pada tahun 2009 dimana kandungan green tea disebutkan mampu mempengaruhi mekanisme sel tumor sehingga dapat mengurangi ketahanan hidupnya.

 

Reason #4: SUN PROTECTION

Kalau kamu termasuk orang-orang yang sehari-harinya sering terkena matahari langsung, mungkin kamu sudah akrab dengan sunscreen. Tapi tahukah kamu bahwa green tea juga merupakan sunscreen alami? Mayo Clinic dari Amerika menyatakan dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada Desember 2001 bahwa, green tea dapat melindungi kulit dari efek penuaan prematur akibat dari sinar ultraviolet B. Careful, ladies. Sinar UV ini dapat berbahaya bagi karena dapat mencuri elektron bebas dari kulit sehatmu. Akibatnya, sistem perlindunganmu jadi melemah dan kulitmu jadi lebih mudah dan cepat berkeriput.

Duh, nggak mau dong mengalami penuaan dini? Nah, disinilah green tea comes to rescue!

*

Empat hal diatas hanyalah beberapa dari banyak lain manfaat green tea buat kulitmu. Kalau kamu sering berjerawat, terekspos sinar matahari, atau khawatir akan penuaan dini, GREEN TEA is the one that your skin gonna love and, yes, you could have all the advantages of green tea from our very own GREEN TEA Natural Bar Soap!

Stay beautiful, stay caring, and stay smart, ladies! :)