loader

Psoriasis: Kenali lebih dekat. Tangani dengan tepat!

Sudah pernah dengar tentang Psoriasis?

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyerang kulit, yang ditandai dengan bercak putih, perak, atau merah bersisik tebal di berbagai bagian tubuh. Penyakit ini tidak menular, dan umumnya menyerang orang dewasa, walaupun pada beberapa kasus pada anak-anak dan remaja. Walaupun masih sulit untuk mendapatkan penyembuhan, kamu yang memiliki psoriasis bisa kok memiliki kulit yang tetap nyaman. Tentu saja dengan treatment dan gaya hidup yang tepat.

Kami senang banget karena beberapa waktu lalu, SamMarie Health Care sempat mengadakan acara yang membantu kita untuk lebih memahami apa itu psoriasis, dan bagaimana penanganannya, bersama dr Tjut Nurul Alam Jacoeb yang sudah menangani kasus psoriasis selama lebih dari 20 tahun.

 

Dengan topik, "Psoriasis: Kenali lebih dekat. Tangani dengan tepat!" Sabila Anjani seorang beauty blogger (our fav!) yang juga menghadapi masalah psoriasis, ikut berbagi di acara ini.

Untuk yang tidak sempat datang, jangan khawatir, kamu bisa menyimak beberapa tips berikut, yang bisa kamu terapkan untuk bisa menangani psoriasis dengan lebih baik.

1. Hindari kulit kering

Banyak mengkonsumsi air putih dan menggunakan pelembab untuk kulit sensitif adalah hal yang ‘wajib’ kamu lakukan untuk menjaga kulit tetap lembab. Sebagai tambahan, coba gunakan juga pelembab untuk udara (diffuser) di rumah atau di kantor ya.

2. Hindari wewangian yang langsung melekat pada kulitmu

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan essential oil (jangan lupa, yang sudah dilarutkan dengan minyak pembawa ya!). Beauty oil bisa menjadi pilihanmu karena selain berfungsi sebagai pelembap, juga mengandung minyak essential yang memiliki aroma yang menyenangkan.

3. No SLS!

Hindari sabun pembersih yang mengandung SLS, karena kandungan ini akan menggerus bagian luar kulitmu sehingga meperparah kondisi psoriasis. Kamu bisa menggunakan Sabun Castile yang memang diformulasikan untuk kulit sensitif dan tanpa wewangian, tepat untuk menangani kondisi psoriasis.

4. Perhatikan asupan makananmu.

Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh, pemanis buatan, dan (jengjeng!!) kurangi makanan yang digoreng ya.

5. Berjemur di pagi hari.

Loh kok kaya bayi? Hehehe, iya, sinar matahari pagi (sebelum jam setengah 9 pagi ya) sangat baik untuk kulit psoriasis. Tapi jangan berlebihan juga ya, 1-2 kali seminggu sudah cukup. Kamu bisa juga konsultasikan ke doktermu untuk terapi UV ini. Dan jangan lupa selalu minum air putih setelah berjemur untuk menghindari dehidrasi.

6. Kurangi stress.

Segala macam penyakit umumnya timbul karena satu faktor: stress. Nah, untuk menghindarinya, sebaiknya hindari stress yaa. Selalu pastikan kamu memperhatikan waktu tidurmu, dan pastikan kamu mendapatkan jumlah waktu tidur yang cukup.

7. Kunyit.

Guess what? Ternyata kunyit dapat meminimalisir timbulnya psoriasis loh. Dapat diminum secara rutin atau gunakan sabun kunyit setiap hari.

Semoga bermanfaat ya!

 

..

Wangsa Jelita mendukung kegiatan Sam Marie "Psoriasis: Kenali lebih dekat. Tangani dengan tepat!"